Tips dan Cara Merawat Bunga Aglaonema Sri Rejeki

Aglaonema Sri Rejeki merupakan jenis bunga hias yang paling banyak ditanam dipekarangan maupun di budidaya. Warna daun yang cantik dengan kombinasi beberapa jenis warna cerah dan cara perawatan Aglaonema Sri Rejeki yang mudah, membuat bunga ini sangat tinggi peminatnya.

Untuk mendapatkan warna daun Aglaonema Sri Rejeki yang indah, diperlukan perawatan yang tepat salah satunya adalah dengan pemberian pupuk. Pupuk yang digunakan untuk bunga Aglaonema Sri Rejeki sebaiknya adalah pupuk kandang, pupuk humus, kompos, unsur hara mikro, pupuk anorganik, dan pupuk hormon. Namun untuk pupuk anorganik, dan pupuk hormon sebaiknya diberikan setiap 1 kali dalam 3 atau 6 bulan. Sementara untuk unsur hara mikro, dapat berikan sebanyak 1 kali setiap bulan.

Tips dan Cara Merawat Bunga Aglaonema Sri Rejeki
Selain pemberian pupuk, keberhasilan dalam menanam bunga Aglaonema Sri Rejeki adalah dengan menjaga kesuburan akar. Untuk itu, Anda bisa memberikan akar tanaman berupa vitamin B1 sebanyak 1 kali seminggu. Dan jangan lupa untuk selalu mengganti media tanam Aglaonema Sri Rejeki setidaknya penggantian dilakukan 1 kali dalam setahun.

Saat akan mengeluarkan Aglaonema Sri Rejeki dari dalam pot, peganglah batang Aglaonema pada bagian pangkalnya lalu miringkan pot agar Aglaonema tercabut dari medianya. Jika Aglaonema Sri Rejeki susah dikeluarkan, Anda cukup memukul-mukul/menepuk bagian pinggir pot secara berkeliling, dan dengan sendirinya bunga Aglaonema Sri Rejeki akan terpisah dari potnya. Selanjutnya, bersihkan akar dan bonggol Aglaonema Sri Rejeki dari sisa media yang menempel dengan cara merendamnya dalam air selama kurang lebih 30 menit. Dan bila diperlukan Anda boleh membuang sedikit akar yang mengganggu.

Jika semua sudah selesai dilakukan, saatnya untuk mengganti media tanam dengan pot yang sudah dilapisi dengan styrofoam atau pecahan genting atau bata merah di dasarnya. Kemudian, masukan media baru hingga satu per tiga tinggi pot. Jika sudah dirasa cukup lalu letakan bunga Aglaonema Sri Rejeki pada media baru, tepat di tengah-tengah pot lalu timbun dengan media tanam baru hingga pot terisi penuh. Untuk memadatkan media dalam pot, pukul-pukullah sisi pot sehingga media turun dengan sendirinya.

Yang terpenting saat mengganti media tanam Aglaonema Sri Rejeki adalah jangan sekali-kali menekan-nekan permukaan media dengan tangan karena hal ini dapat merusak akar Aglaonema. Setelah cukup padat, Berilah pupuk anorganik dan siram hingga cukup basah.

Bagi pecinta bunga Aglaonema, tentunya pasti sudah mengetahui bahwa bunga Aglaonema Sri Rejeki cukup tahan terhadap hama, jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir tanaman hias kesayangan terkena infeksi jamur. Sedangkan untuk dapat tumbuh besar dan optimal, bunga Aglaonema Sri Rejeki hanya membutuhkan waktu 4-5 bulan dan pada usia tersebut, bunga Aglaonema Sri Rejeki sudah bisa diperbanyak.

Related Posts: