Cara Merawat Bunga Mawar Potong Agar Tidak Cepat Layu

Siapa yang tidak mengenal bunga mawar. Bunga ini merupakan bunga favorit para wanita. Selain terkenal dengan keindahannya, mawar juga termasuk bunga yang mampu mengeluarkan aroma harum yang khas, jadi wajar saja jika mawar kian digemari banyak kalangan.

Bunga mawar sering dijadikan sebagai penghias dalam ruangan. Biasanya mawar dihadirkan dalam bentuk bunga potong. Untuk menjaga kesegaran bunga mawar, ada beberapa hal yang harus dilakukan usai melakukan pemotongan. Selengkapnya, silahkan baca tips cara merawat bunga mawar potong agar tidak layu berikut ini:

Cara Merawat Bunga Mawar Potong

1. Simpan bunga mawar potong dalam suhu normal serta konstan.

Salah satu kesalahan yang dilakukan dalam penyimpanan bunga mawar potong adalah dengan penyimpanan dalam lemari es (pendingin). Cara tersebut salah lantaran bunga akan semakin cepat layu. Perubahan suhu secara drastis sangat tidak tepat untuk menjaga kesegaran bungan mawar. Baiknya bunga mawar yang baru dipotong disimpan dalam suhu 7-10 derajat celsius dan atau jangan sampai melebihi suku 17 derajat celcius.

2. Jauhkan bunga mawar potong dari cahaya matahari langsung

Bunga yang baru dipotong dan ditaruh ditempat yang terkena cahaya matahari langsung pastinya tidak akan berumur lama. Begitu pula dengan mawar potong, hindari meletakkan bunga mawar potong dari sinaran matahari langsung, karena hal tersebut akan mempercepat bungan mawar menjadi layu.

3. Jangan semprotkan air pada bunga mawar

Untuk menjaga kesegaran bunga mawar potong dalam vas, anda tidak perlu menyemprotkan air ke bunga. Tangkai bagian bawah bunga mawar sangat mudah menyerap air, jadi untuk perawatannya Anda cukup memotong tangkai bagian bawah sekitar 1 cm setiap harinya, agar bunga tidak layu dan tercukupi kebutuhan airnya.
4. Atur ketinggian air dalam vas bunga

Agar bunga mawar potong tetap segar dalam vas, ketinggian air juga menjadi salah satu faktor penentunya. Anda hanya perlu mengisi vas bunga mawar dengan air sebanyak 2 cm dari tangkai paling bawah. Jika berlebihan, tangkai mawar akan cepat membusuk dan akhirnya bunga akan menjadi layu.

Demikianlah tips cara merawat bunga mawar potong yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan mengikuti cara-cara ini, bunga mawar potong lebih awet dan tidak cepat layu.

Related Posts: