Tips Mengatasi Penyakit yang Sering Menyerang Adenium

Menangani penyakit adenium adalah sisi dari menjaga kamboja jepang. Sesungguhnya tanaman ini jarang terkena penyakit. Namun bila adenium dibudidayakan banyak, pasti kemungkinan besar ada yang terkena penyakit. Lalu penyakit apa saja yang kerap menghinggapi adenium. Saya dapat cobalah berbagi di bawah ini.

Pemicu utama adenium terkena penyakit di karenakan lingkungan tanaman tidak terjaga kebersihan. Dari sini mulai timbul gulma yang dapat jadi faktor hama serta penyakit Adenium. Penyakit-penyakit yang kerap menyerang Adenium adalah:

1. Penyakit Pomopsis pada Adenium 

Tanda dari adenium terkena pomopsis ada bercak coklat pada daun, semakin lama semakin melebar lalu membusuk. Cara menangani penyakit pomopsis ini dengan menyemprot Manzate, Daconil atau Ortocide. Dosis pemberian 1Gram/Liter air.

2. Penyakit Layu Pucuk Adenium

Layu pucuk dimaksud juga dengan layu fusarium. Penyakit ini dikarenakan oleh cendawan Fusarium. Adenium yang terserang tampak pucuk daun hitam serta busuk. Namun tidak berbau hingga mengakibatkan tanaman mogok bertunas. Langkah menangani dengan menyemprotkan Manzate, Daconil atau Orthocide. Penggunaan dengan dosis 1 gram/liter air.

Tips Mengatasi Penyakit yang Sering Menyerang Adenium3. Penyakit Busuk Akar Adenium

Penyakit ini tidak dikarenakan oleh cendawan, virus atau bakteri. Busuk akar terhitung penyakit fisiologis. Dimulai dengan menyiram terlalu berlebih atau curah hujan tinggi, mengakibatkan media tanam jadi lembab. Keadaan media lembab berkelanjutan menyebabkan busuk akar atau busuk bonggol.

Bila busuk akar tampak yakni di atas media pasti cepat di obati. Celakanya bila tidak tampak di karenakan ditutupi media pasti dapat cepat melebar. Hal semacam ini ditandai dengan kuning daun serta adenium jadi kerdil.

Menanganinya, lekas bongkar media tanam, lalu potong akar busuk dengan pisau steril. Sisi potongan diolesi fungisida Benlate. Kemudian digantung atau ditanam kembali dengan media baru. Untuk sesaat tunda dahulu menyiram media.

Related Posts: