Cara Melakukan Stek Pucuk Tanaman Jambu Madu

Stek Pucuk Jambu Madu - Stek merupakan salah satu cara memperbanyak tanaman dengan menggunakan bagian-bagian dari sebuah tanaman induk untuk menghasilkan tanaman baru yang memiliki sifat yang sama dengan induknya, bahkan bisa lebih baik dari induknya.

Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa dikembangbiakan dengan cara stek. Salah satunya adalah tanaman Jambu Madu. Meskipun dengan mencangkok juga bisa memperbanyak tanaman jambu madu, namun metode stek pucuk sangat diminati dan cukup efektif untuk mendapatkan tanaman jambu madu berkualitas super dalam jumlah yang sangat banyak dan lebih singkat.

Nah, untuk Anda yang ingin memperbanyak tanaman jambu madu dengan cara stek pucuk ada poin-poin penting yang mesti Anda perhatikan. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah cara melakukan stek pucuk jambu madu.

Peralatan/bahan-bahan yang diperlukan:

  • Pisau/Gunting
  • Tali
  • Polibag
  • Tanah 
  • Kantong plastik bening

Langkah-langkah pengerjaan stek pucuk jambu madu

1. Pilih entres (pucuk) jambu madu yang berkualitas baik. Biasanya entres ini diambil dari cabang yang belum cukup tua dan juga tidak terlalu muda, kemudian potong sekitar 10 - 15 cm lalu sisihkan.

Cara Stek Pucuk Tanaman Jambu Madu

2. Isi tanah dalam polybag, lalu tancapkan entres dengan sedikit memberikan tekanan dan padatkan agar tidak goyang.

Cara Stek Pucuk Tanaman Jambu Madu

3. Selanjutnya gunting sebagian daun anakan untuk mengurangi pengupan.

Cara Stek Pucuk Tanaman Jambu Madu

4. Basahkan tanah dengan cara perlahan agar stek jambu madu tidak rubuh. Lalu sungkup dengan kantong plastik bening dan ikat erat dengan tali plastik.

Cara Stek Pucuk Tanaman Jambu Madu

5. Terakhir letakkan dibawah naungan pohon atau jangan sampai terkena sinar matahari langsung dan tunggu sampai akar tanaman keluar.

Cara Stek Pucuk Tanaman Jambu Madu

Untuk penyiraman selanjutnya bisa Anda lakukan setelah 1 bulan dengan cara membuka sungkup terlebih dahulu. Dan biasanya akar akan mulai tumbuh setelah 3 bulan. Hal ini dapat ditandai dengan daun-daun yang tidak rontok dan munculnya tunas muda pada pucuk tanaman jambu madu.

Related Posts: