Tips Mudah Membuat Bentuk Bonsai Flamboyan

Bonsai Flamboyan
Para pecinta tanaman pasti menyukai tanaman bonsai, selain dari bentuknya yang imut cara merawatnya juga gampang. Apalagi jika, anda pecinta tanaman hias tetapi tidak cukup lahan untuk menanamnya maka bonsai adalah salah satu cara agar anda tetap dapat memilikinya. Semua tanaman yang tumbuh besar bisa dibonsaikan tidak terkecuali pohon flamboyan yang memiliki bunga yang berwarna indah dan terang.

Bonsai dapat dibuat dengan beberapa metode seperti, cangkok, stek dan lainnya. Bonsai memiliki 4 variasi ukuran yakni miniature dengan tinggi 5 cm dengan masa  perawatan selama 5 tahun, kecil dengan tinggi sampai dengan 15 cm dengan masa perawatan selama 5-10 tahun sedang dengan tinggi diatas 15 cm dengan masa perawatan selama 3 tahun.

Jika anda memiliki ketertarikan dalam membuat bonsai, ada beberapa bahan yang harus anda sediakan, seperti:
  1. Pot ukuran besar,
  2. Media tanam, 
  3. Pupuk, 
  4. Pot Bonsai
  5. Kawat untuk membentuk pohon. Pakai kawat khusu yang anti karat, siapkanlah dalam ukuran besar.
  6. Gunting tanaman 
  7. Pestisida
  8. Pastinya bonggol dari tanaman yang akan dijadikan bonsai.
Setelah anda mempersiapkan bahan yang disebutkan diatas, maka anda sudah siap untuk membuat bonsai pohon flamboyan, yaitu dengan langkah sebagai berikut:
  1. Tanamlah bonggol tanaman kedalam media tanam yang telah diletakkan didalam pot besar yang telah disediakan agar pohon dapat tumbuh bebas.
  2. Jika tumbuhan sudah ditumbuhi dengan banyak daun maka anda sudah dapat membentuk pohon tersebut dengan menggunakan kawat. 
  3. Jika bonggol pada tanaman sudah terelihat jelas maka anda sudah dapat melepaskan kawat yang ada pada tanaman tersebut.
  4. Anda sudah dapat membentuk dengan indah dan sesuai dengan keinginan dengan menggunakan gunting tanaman yang telah disiapkan.
  5. Setelah terbentuk dengan indah, seimbang dan sesuai dengan keinginan anda, pohon yang berada di pot besar sudah dapat and pindahkan ke pot bonsai yang sebelumnya sudah diberikan media tanam. Media tanam yang baik agar bonsai tetap dalam keadaan indah adalah tanah yang sebelumnya telah disterilisasi dengan cara tanah tersebut disangrai.
  6. Akar dari tanaman bonsai akan terus menjalar setiap tahunnya, maka rajinlah anda untuk terus menggunting akar tersebut agar bonsai tetap dalam keadaan seimbang dan gantilah tanahnya.
  7. Pakailah pestisida untuk mengusir hama pengganggu ataupun juga fungisida guna menghindari bonsai dari jamur yang tidak diharapkan
Tak ada kata sulit untuk membuat bonsai tapi bukan berarti hal yang dapat digampangkan. Bagi anda yang ingin memiliki bonsai yang indah rajinlah selalu dalam merawatnya dan jangan pernah bosan dalam melakukan perawatan bonsai.

Related Posts: