Tips Merawat Bunga Anggrek Bulan di Pekarangan Rumah

Bunga anggrek bulan merupakan salah bunga yang paling banyak pecintanya. Warnanya yang indah dengan penampilan putih bersih seperti kapas, mampu memberikan perasaan tenang bagi siapa saja yang memandang. Bagi kebanyakan orang, anggrek bulan masih di anggap sebagai bungan klasik yang keindahannya tak pernah lekang oleh waktu. Bahkan anggrek bulan pernah menjadi judul sebuah lagu yang populer di tahun 60-an.

Anggrek bulan sebenarnya termasuk ke golongan tanaman epifit, yang hidupnya menempel pada tanaman lain. Namun sesuai dengan perkembangan teknologi dan pengetahuan, tanaman anggrek bulan dapat di budidayakan dengan sehingga mampu tumbuh di berbagai media, seperti pakis, arang/sekam di dalam pot.

Merawat bunga anggrek bulan sebenarnya tidak sulit. Anggrek bulan memiliki ciri berupa akar yang berwarna hijau, tumbuh memanjang dan terasa berdaging. Selain itu bunga anggrek bulan memiliki kelopak yang lebih lebar dari jenis anggrek lainnya, namun penampilan masih tetap anggun. Keuntungan memelihara anggrek bulan ini adalah bunganya yang tidak cepat layu, batang bunga yang sudah rontok pun mampu menghasilkan cabang bunga yang baru sehingga kecantikan bunga anggrek bulan dapat lebih tahan lama. Untuk dapat tumbuh lebih maksimal, ada poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan dari segi perawatannya.

Berikut tips merawat bunga anggrek bulan yang baik:
Tips Merawat Bunga Anggrek Bulan
  • Untuk tempat penyimpanannya, bunga anggrek akan lebih baik pertumbuhannya bisa diletakkan ditempat yang teduh atau jaring peneduh (hitam). Sebab bunga anggrek bulan tidak tahan panas dan pertumbuhannya akan kurang bagus jika terkena sinar matahari langsung.
  • Mengetahui kualitas daun bunga anggrek dapat dilihat dari sinar matahari yang diterimanya. Jika warna daun hijau segar, berarti sinar matahari yang diterima sudah cukup. Jika wana daun hijau pucat kekuningan, berarti sinar matahari yang terima masih kurang. Sedangkan jika daun sudah berwarna kecoklatan, berarti anggrek bulan terlalu banyak menerima sinar matahari dan harus segera dilakukan poin nomor 1 diatas.
  • Untuk penyiramannya, bunga anggrek cukup mendapatkan 1 kali penyiraman setiap hari dengan ari bersih.
  • Sebagai nutrisi tanaman, Anda dapat melakukan pemupukan secukupnya yakni 2 minggu sekali. Pupuk yang digunakan tidak ada batasan merk, yang penting pupuk tersebut mengandung kalsium, phospor dan kalium. Tata cara pemberian pupuk bunga anggrek bulan dengan melarutkannya dalam air, selanjutnya disiramkan pada tanaman namun tidak mengenai batang. 
  • Sebagai penanganan terhadap penyakit, perawatan bunga anggrek bulan dari penyakit (jamur, ulat) dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan bagian yang diserang penyakit dengan insektisida dan fungisida, kurang lebih 2 minggu sekali.
  • Perawatan media tanam anggrek bulan juga harus diperhatikan dengan baik. Media tanam yang sudah berlumut atau menjadi sarang semut, harus diganti agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu.
Demikian cara merawat bunga anggrek bulan, sangat mudah dan tidak merepotkan bukan? Dengan perawatan yang benar, bunga anggrek bulan akan lebih cantik dan tahan lama. Bunga anggrek bulan yang terawat dengan baik akan menambah keindahan pekarangan rumah Anda atau dapat dijadikan pemanis di ruang tamu, sehingga rumah Anda akan lebih indah dipandang.

Related Posts: