Tips Jitu Merawat Bunga Mawar

Bunga mawar merupakan salah satu dari sekian banyak bunga yang disukai oleh wanita. Bunga yang satu ini merupakan sebuah symbol dari rasa cinta serta rasa kasih sayang. Warna bunga mawar sangat variatif yang didominasi oleh warna-warna cerah yang akan membikin setiap orang langsung suka pada bunga yang satu ini. Jadi tidak heran jika bunga mawar ini kerap disebut-sebut sebagai Queen of Flower. Nah, untuk membuat bunga mawar dalam pot selalu berbunga indah, berikut ini kami uraikan tips jitu merawat bunga mawar.

Yang pertama ialah Anda mesti memilih bunga mawar yang berada di dalam pot. Hal semacam ini benar-benar dianjurkan untuk Anda yang baru pertama kali memelihara bunga indah ini. Baiknya Anda memakai pot dengan ukuran yang besar agar pertumbuhannya tidak terganggu. Namun apabila tetap menggunakan pot kecil, maka frekuensi penyiraman dan pemberian pupuk mesti dilakukan sesering mungkin ketimbang bunga mawar yang ditanam langsung pada tanah.

Tentang cara penanaman, Anda mesti menentukan tanah yang tidak mudah tergenang oleh air serta tanahnya juga bukan hanya tanah liat. Anda juga mesti memastkan bahwasanya area itu mempunyai intensitas sinar matahari yang banyak, serta terlindung dari hembusan angin yang kencang. Kemudian, yang mesti Anda cermati ialah penyiraman tanaman. Sewaktu bunga mawar berada pada usia satu hingga dua bulan, bunga mawar ini harus di siram setiap hari. Waktu menyiram pada pagi hari Anda mesti menyiram dibagian tanahnya saja, dan pastikan pula bahwa airnya bisa merembes hingga sisi bawah. Lalu untuk penyiraman di sore hari, Anda bisa melakukannya pada waktu matahari telah terbenam, serta yang disiram ialah hanya sisi daun saja. Sesudah melalui 2 bulan pertama, perlakuan ini bisa Anda lakukan dua hari sekali.

Tips Jitu Merawat Bunga Mawar
Gambar Bunga Mawar Kuning di Pot
Cara merawat bunga mawar yang selanjutnya ialah dengan rutin melakukan pemangkasan. Sesudah tanamannya berbunga, Anda mesti sesering mungkin untuk melakukan pemangkasan pada semua dahan yang telah kering, serta termasuklah semua tangkai bunga mawar yang sudah layu dan semua cabang yang mengarah pada sisi dalam tanaman. Hal semacam ini ditujukan untuk membuat bunga mawar mendapatkan oksigen dan nutri yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya. Apabila hal semacam ini tidak Anda lakukan, maka jumlah bunganya bakal lebih sedikit dan tangkai bunganya bakal tambah lebih pendek.

Yang selanjutnya terkait dengan hal pemupukan. Hal semacam ini harus dilaksanakan secara teratur terlebih saat musim semi, lalu diteruskan hingga saat berbunga satu kali sebulan. Anda bisa menggunakan pupuk organik maupun pupuk khusus untuk tanaman hias bunga mawar. Saat Anda melakukan pemupukan, terlebih dahulu Anda menggemburkan tanah di daerah batangnya, lalu bersihkan tanah di sekitarnya dari segala tanaman pengganggu seperti rumput/lumut.

Lalu tips perawatan bunga mawar yang terakhir ialah Anda mesti mencermati ada tidaknya penyakit dan hama yang dapat mengakibatkan kerusakan tanaman. Pemberantasan penyakit dan hama bisa menggunakan Bordeaux Mixture maupun Bouillie Bordelaise. Kedua jenis obat ini dapat memberantas hama dan penyakit bunga mawar dengan cepat.

Related Posts: